Dear teman2 TDA

Hari rabu kemarin, 1 April sungguh hari yang mencerahkan bagi semua teman di KMM 1 Jaksel.

Hari itu kami diberkahi ilmu tentang akuntansi dengan menggunakan pendekatan yang unik sehingga memudahkan kita yang awam untuk mengelola keuangan dengan baik, benar dan mudah dilakukan.

Ilmu AKUNTANSI IS EAZY disodaqohkan oleh anggota TDA ibu Lyra Puspa yang merupakan mentor utama di PILLAR Business Accelerator, di sela2 kesibukan beliau mengelola beberapa bisnis dan coaching clinic ternyata langsung menyanggupi untuk memberikan pencerahan bagi KMM1 yang rata-rata pengelolaan keuangannya belum rapih ditambah Peserta tamu dari KMM jaksel lainnya.

Akuntansi merupakan kelemahan tipikal bisnis UKM yang lebih fokus pada action, produksi dan sales semata. Hal ini tidak salah di awal perjalanan bisnis kita. Namun seiring waktu, kebutuhan akan pencatatan keuangan yang baik dan benar menjadi suatu keharusan. Banyak teman-teman (termasuk saya….he..he…..) yang ditanya laba tahun lalu tepatnya berapa, biasanya menggelengkan kepala atau memberikan angka omzet yang tidak memberikan keterangan yang tepat keuntungan kita pada suatu periode.

PRINSIP DASAR AKUNTANSI dimana ASET = LIABILITY + EQUITY oleh ibu lyra dijabarkan dalam membentuk lembaran kerja (1 lembar) yang mencantumkan semua jenis transaksi keuangan yang juga ditambahkan kolom koreksi. Lembar kerja ini dibuat secara sederhana di EXCEL , jika kita mengisi dengan kurang benar, maka kolom koreksi akan menunjukkan bahwa penempatan transaksi kita belum berada di kolom yang tepat.

Tidak di bahas tentang debit dan kredit yang kadang rancu, juga tidak dimulai dari jurnal harian (biasanya saya mulai dari sini…) yang memakan alur yang panjang sebelum kita akhirnya tahu posisi transaksi keuangan kita.

Diberikan juga prinsip2 dasar lainnya yang berupa tips yang menjadi guidance dalam menempatkan transaksi kita di kolom yang tepat. Sehingga akhirnya pada lembar yang sama semua vital sign dari keuangan kita terbaca hingga LABA BERSIH. Sangat powerfull, hanya 1 lembar.

Lembar kerja ini jika ingin di teruskan menjadi Laporan Rugi-Laba tinggal copy paste kolom TOTAL, maka jadilahLAPORAN RUGI-LABA, ini sangat berguna bagi teman-teman yang mengajukan kredit ke Bank yang selalu meminta hingga ke Laporan Rugi-Laba. Dengan tools ini maka perusahaan kita menjadi BANKABLE.

Alhamdulillah materi yang padat serta mengambil contoh-contoh transaksi real dari bisnis jasa dan retail (The Chapter dan Ratu Batik) dapat dilakukan dalam waktu 3 jam an saja. Menurut bu Lyra materi ini saripati dari materi di Universitas Indonesia selama 8 semester !! , Subhanallah…pantesan pas keluar dari ruangan kepala berat serasa baru beres ujian akhir S1….Hore….Lulus…!..he..he…

Lulus sih lulus tapi masih banyak her dan PR yang mesti kita lakukan agar ilmu yang bagus ini bisa kita aplikasikan pada bisnis kita secara penuh. Teman2 sangat semangat dan hingga hari ini komunikasi di antara teman2 yang hadir sangat intens saling berbagi informasi dari pertemuan tersebut.

Terimakasih pada Bu Lyra Puspa dan Pillar Business Accelerator atas sodaqoh ilmu dan kesediannya berbagi. Terimakasih juga pada pak Sonny beserta keluarga yang telah menyediakan tempat yang representatif, mudah2an bisnisnya selalu barokah. Terimakasih juga pada teman2 yang telah hadir dengan penuh semangat hingga larut malam. Mari kita bersyukur dengan menjadikan ilmu yang kita dapatkan diaplikasikan pada bisnis kita masing-masing.

Salam Semangat,

Irwan The Chapter