bannerbaruf

Setiap orang yang ingin membuka usaha pastilah harus memiliki merk. Mengapa kita memerlukan merk untuk usaha kita? Secara sederhana merk otomatis akan membedakan produk kita dengan pesaing. Bahkan penjual buah Duku dipinggir jalan pun memiliki kesadaran untuk memberi merk warung dukunya. Walaupun sepanjang jalan banyak yang menjual duku dan memiliki produk yang sama, mereka secara sengaja memberi merk untuk membedakan dengan yang lain.

Kalau secara awam mungkin banyak yang heran kenapa produk sama tetapi harus dibedakan? Membeli produk dalam hal ini buah Duku bukan hanya sekedar buahnya. Tetapi juga keramahan pelayanannya, ada juga karena kejujuran si penjual dalam menimbang buah Duku, atau juga kebersihan si penjual dalam berpakaian. Jadi Merk disini bukan saja sekedar produk tetapi juga sebagai satu kesatuan antara produk, keramahan, kejujuran, dan juga kebersihan.

Merk itu terbentuk dari konsistensi pemilik dalam mempertahankan sesuatu yang memberi nilai tambah bagi konsumen. Jadi merk itu bukan apa yang kamu katakan tetapi apa yang konsumen bilang. Walaupun kita berusaha bilang kalau buah Duku yang dijual memiliki kualitas yang terbaik tetapi apabila konsumen memiliki image yang berbeda dengan apa yang kita katakan maka kita telah gagal dalam memberi merk.

Tujuan utama memberi merk adalah untuk mendapatkan banyak orang dalam membeli produk kita untuk waktu yang lama dengan harga yang tinggi. Tanpa merk produk kita hanya sebagai produk yang generik. Merk akan menjadi kekuatan yang paling ampuh dalam membuat strategi. Produk-produk seperti Coca Cola, Levis, Google, Apple, Disney memiliki nilai yang sangat tinggi sebagai merk. Misalkan Coca Cola diprediksi memiliki brand value sebesar $ 120 billion ! Luar biasa memang. Tanpa merk, perusahaan Coca-Cola hanya memiliki nilai jual tidak lebih dari setengahnya.

Tetapi bagaimana kita bisa membangun merk? Ada 5 faktor yang harus diperbuat dalam membangun merk :

1. Differentiate.

Jadilah berbeda dengan yang lain, karena banyak produk yang hampir sama didunia ini kita harus berbeda untuk mempermudah konsumen untuk mengenali produk kita.Tiga kata yang mempermudah anda dalam membuat perbedaan yaitu fokus, Fokus,dan FOKUS. Contoh merk yang foKus terhadap produknya adalah Ferrari. Ferrari diidentikan sebagai sport car bukan yang lain, inilah yang disebut fokus.

2. Collaborate

Dengan kolaborasi, sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Contoh hitungan matematika kolaborasi adalah 1 + 1 = 11 kenapa bisa begitu? Karena kolaborasi matematika tidak lain adalah Magic!!!! Contoh pembuatan Film di Hollywood adalah hasil kolaborasi beberapa orang yang ahli dibidangnya. Maka akan tercipta suatu karya seni yang mengagumkan. Oleh sebab itu film-film keluaran Hollywood sangat mendominasi gedung-gedung bioskop diseluruh dunia.

3. Innovate

Kreatifitas adalah yang membuat konsumen tertarik pada brand anda. Beberapa perusahaan kesulitan dalam berkreatif. Kenapa itu bisa terjadi? Karena kreatifitas memakai otak kanan sedangkan banyak perusahaan terbiasa menggunakan otak kirinya untuk melakukan strategi-strategi. Perusahaan harus mampu melakukan sesuatu yang berbeda beda setiap melakukan suatu program marketing. Kemampuan mempunyai ide segar inilah yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

4. Validate

Validasi berarti membawa konsumen ke dalam proses kreatifitas. Komunikasi iklan dahulu hanya berjalan satu arah. Tetapi sekarang adalah dalam bentuk dialog! Bagaimana kita bisa mendapatkan respon dari konsumen mengenai produk kita? Cara yang terbaik adalah Focus Group Discussion (FGD). FGD akan memberikan gambaran nyata mengenai produk kita, karena dengan FGD akan terjadi komunikasi 2 arah antara kita dan konsumen (dialog).

5. Cultivate

Brand adalah bagaikan orang, walaupun berganti baju karakter orang tersebut tetaplah sama.Begitu juga dengan Brand!! Paradigma lama mengatakan bahwa brand dikontrol bentuk dan rasanya. Tetapi sekarang tidak! Brand dipengaruhi oleh karakter.

1ferrari

Dengan membangun 5 pondasi diatas maka akan tercipta merk yang karismatik yaitu merk yang tidak bisa digantikan oleh merk lainnya. Apabila Coca-Cola, Pizza Hut, Ferrari, Disney, Levis bisa menjadi merk yang karismatik. Merk anda pun juga bisa!!

Referensi : Buku The Brand Gap

Salam sukses,

Imam Wijayanto

http://freshlogo.wordpress.com

http://imamwijayanto.wordpress.com