Luar biasa, Minggu 25 Januari 2009 saya bersyukur bisa berkumpul di acara mastermind sharing knowledge yang dihadiri oleh anggota mastermind TDA Jaksel. Hadir juga Pak Rosihan dan Bu Ines, juga dihadiri oleh kawan-kawan TDA dari Bekasi. Materi sharing kali ini mengenai “Dalam 5 menit Memahami Laporan Keuangan dan Mengambil Keputusan Bisnis“ yang dibawakan oleh Bu Lyra sebagai pembicara dari Pillar Consulting (isteri Pak Sonny Sofyan). Kali ini Mastermind TDA Jaksel beruntung mendapatkan ilmu berharga dari Bu Lyra yang memang sudah digunakan dalam bisnis-bisnisnya sehari-hari. Ditambah sharing dari Pak Rosihan mengenai bagaimana membangun bisnis ritel busana muslim ‘Saqinah” nya dalam 2 tahun pertama dan apa yang menjadi fokus bisnisnya. Pentingnya membangun Brand barang/ jasa sangat penting dalam tahap-tahap awal bisnis.

Basic Principle yang dibahas antara lain adalah mengenai bedanya pendapatan dan pemasukan juga dibahas bedanya biaya dan pengeluaran, bagaimana hal-hal tersebut berpengaruh pada Profit dan Cash Flow. Dibahas juga bagaimana me’”rontgen” laporan keuangan sehingga dalam 5 menit keputusan bisnis dapat dibuat berdasarkan logika-logika akuntansi yang akurat. Dengan demikian keputusan yang dibuat dengan otak kanan bisa didukung oleh otak kiri menggunakan logika-logika akuntansi, sehingga bisa seimbang.

Keputusan bisnis bisa didasarkan pada analisa terhadap laba perusahaan. Jika labanya rendah bahkan negative, maka kita harus cek biaya langsung dan biaya tetap yang dikeluarkan, periksa bagaimana biaya tersebut dikeluarkan dan dicatat dalam pembukuan kita. Bisa jadi terjadi kesalahan pembukuan atau biaya langsung dan biaya tetapnya tersebut memang tinggi sehingga labanya rendah atau negative. Perlu keputusan untuk “membereskan” biaya langsung dan biaya tetap perusahaan.

Selain itu jika laba lebih besar dari kas yang ada, cek piutang dan persediaan, jika laba lebih kecil dari kas, cek hutang, penyusutan dan amortisasi. Bagaimana kecepatan piutang terbayar, bagaimana likuiditas perusahaan untuk membayar hutang. Periksa bagaimana pencatatan penyusutan dan amortisasinya apakah sudah tepat?

keu

Tidak lupa Bu Lyra mengingatkan penting kedisiplinan mencatat prive/deviden, harus memisahkan keuangan bisnis dan pribadi. Jangan lupa juga menggunakan rekening Koran di bank yang bermanfaat untuk kepentingan pihak bank atau pajak.

Ingin tahu bagaimana kesan-kesan rekan-rekan TDA setelah mengikuti acara sharing knowledge ini ? Berikut ini komentarnya :

M. Idham (TIKI & Biro Jasa – www.birojasakendaraan.com )

Ternyata accounting gak njlimet…!

Semakin terbuka, accounting sebagai alat untuk menganalisa kemampuan usaha

Tikak Sumajaya (Web Designer – www.trunojoyo.com, www.tikak.com )

Penting juga ya akuntansi buat bisnis owner.

Accounting for business is easy and very important for us, so what you are waiting for, let’s start accounting our business.

Akuntansi ternyata tidak sepusing yang saya kira

Rosihan & Ines Handayani (Ritel Busana Muslim– www.saqina.com )

Pemahaman atas laporan keuangan yang lebih baik.

Presentasi clear, materi bagus sekali untuk peserta.

Ruangan sangat memadai, antusias peserta bagus, materi sangat penting bagi bisnis

Iman (M2 Cell – http://iman-ss.blogspot.com )

Laporan keuangan ternyata merupakan salah satu komponen penting dalam mengambil keputusan bisnis.

Sangat baik dan dapat memberikan masukan positif untuk membantu start up bisnis dalam memutuskan mengembangkan bisnis.

Tjarli S (Pixethic Photography – www.pixethic.com )

Logika berpikir sisi akunting bisa diketahui, sharing peserta juga menambah wawasan.

Lebih mudah dicerna, penting diketahui untuk aplikasi bisnis sehari-hari

Siska Trihapsari (Interior – http://dewisambitenun.blogspot.com )

Wawasan accounting lebih terbuka dan penting diaplikasikan.

Sebagai sharing knowledge untuk pemula sangat penting memahamai akunting

Jadi menurut saya, sayang sekali beberapa kawan TDA tidak bisa hadir. Materinya bagus dan mudah dicerna serta bisa diaplikasikan di dalam bisnis sehari-hari.

Semoga pelajaran dari Bu Lyra menjadi amal jariah dan semoga Pillarnya bertambah sukses. Amin