Interview by Tjarli Pixethic

aikidoKeturunan Padang yang dibesarkan di lingkungan pengusaha, lulusan HI Unpad Bandung ini, Jimmy Harry Warnery akrab dipanggil Jimmy membuat dirinya lebih memilih menjadi seorang “Tangan Di Atas” ketimbang bekerja sebagai pegawai berdasi di lingkungan kantor atau bekerja sebagai diplomat.

Keinginan yang kuat untuk menjadi pengusaha, dipicu setelah ayahnya meninggal. Bersama adiknya, ia mempertahankan bisnis ayahnya di Palembang hingga bisnisnya dapat dikelola dengan baik oleh adiknya, kemudian ia merantau ke Jakarta. Sebelum menjadi seorang TDA, Jimmy pernah bekerja di perusahaan marketing communication, namun ia tidak kerasan di lingkungan kantor sebagai pegawai.

Berbekal pengalaman dari perusahaan tempat ia bekerja dulu, maka mulailah Jimmy bertekad membuka usaha online sejak Januari 2009 yang dinamai semutsemut.com. Cita-citanya adalah menjadikan semut.semut.com menjadi perusahaan besar seperti amazon.com.

Barang-barang yang dijual melalui toko online ini cukup beragam. Ada perlengkapan olahraga, saat ini sudah dijual alat-alat untuk Aikido. Ada juga perlengkapan shalat, mukena yang memiliki kualitas sekelas Mall Pasaraya yang harganya mencapai Rp 2 juta hingga Rp 3 juta, namun disini ia menjualnya dengan harga murah, tidak lebih dari Rp. 1 juta. Selain mukena ada juga jilbab. Di toko online semut.semut.com ini Ia menjual juga berbagai jenis buku seperti buku anak-anak, bahasa, desain interior, motivasi, entrepreneur/bisnis, fashion, buku Islam, komunikasi, life style, masak, novel, buku wanita, politik dan sejarah.

Jimmy sebagai pemegang sabuk hitam Aikido, menjual secara online perlengkapan Aikido yang memang kualitasnya sangat bisa diandalkan. Seperti penuturannya, Aikido dibawa ke Indonesia salah satunya oleh Ir. Mansur Idham dan dua orang lainnya Ir. Josef Izaak Poetiraj dan Ir. Tamsu Ibrahim sekitar akhir tahun 1969, mereka adalah mahasiswa yang belajar di Jepang dan kembali ke Indonesia.

Jimmy menjual Hakama, celana rok hitam buatan Ibu Seiko Mansur (isteri Ir. Mansur Idham) yang sudah 40 tahunan menetap di Indonesia. Pembuatan Hakama yang berkualitas baik memang sulit, untuk itulah ia menjual Hakama dari pembuatnya yang memang ahli. Selain Hakama juga ada Do Gi, baju latihan buatan Ibu Seiko Mansur dan juga import. Sedangkan Boken, pedang kayu ia bermitra dengan dengan pengrajin Boken yang berkualitas tinggi seperti yang ada di Jepang. Jangan khawatir dengan kualitas Boken di semutsemut.com jika tidak sesuai atau cacat, maka Boken bisa ditukar atau diganti dengan yang lebih sesuai.

Dalam waktu dekat, Jimmy berencana untuk membuka Dojo, menurutnya olahraga yang tidak destruktif dan bersifat defensif ini sangat dibutuhkan oleh kalangan semua umur. Olahraga ini seperti Tai Chi, namun lebih dinamis lagi. Olah raga ini menyatukan antara hati, pikiran dan fisik menjadi sebuah seni beladiri yang indah namun dapat juga sebagai alat bertarung melawan penyerang. Aikido sangat terkenal di industri perfilman setelah Stevan Seagal, sang aktor yang mempopulerkan Aikido di dalam aksi laganya di Hollywood.

Selain itu ia akan mengembangkan semutsemut.com ke penjualan CD/VCD lagu, dan menambah penjualan online untuk perlengkapan bulu tangkis.

Ia juga menyampaikan kegembiraannya setelah bergabung dengan Mastermind Jakarta Selatan.  Jimmy dan team-nya memberikan kontribusi yang baik dengan mendesain logo Mastermind Jaksel dan kaos yang digunakan di Milad 3 TDA.  Ia  pun senang bisa berbagi pengalaman dan mendapatkan ide-ide baru untuk pengembangan bisnisnya. Harapannya adalah bisa tetap bersilaturahim dengan lebih banyak orang lagi di komunitas TDA sehingga peluang dan kesempatan akan terbuka lebar, sehingga ia bisa memberi manfaat bagi banyak orang.