Untuk mencapai tujuan dalam hidup, kita harus bersikap ofensif atau melakukan serangan. Kita tak bisa duduk-duduk saja sambil mengharapkan sesuatu terjadi. Kitalah yang membuat sesuatu itu terjadi.

Carl Mays mengembangkan formula untuk sukses dengan singkatan ACTION, kepanjangannya adalah sbb:

A: Attack. Serang hamabatan atau masalah yang merintangi perjalanan anda ke tujuan yang akan dicapai. Jangan tunggu sampai orang lain atau tim lain yang melakukan gerakan pertama. Anda harus berinisiatif.

Mc Donald misalnya, terkenal dengan serangganya dalam bisnis fast food. Caranya dengan selalu memunculkan ide-ide dalam menu mereka.

C : Create opportunities – ciptakan peluang

Inilah yang Anda lakukan saat melancarkan serangan. Anda tak akan mendapatkan apa-apa jika hanya duduk menunggu peluang. Sebagian orang menghabiskan waktunya dengan menunggu peluang mendatangi mereka. Jika peluang tidak datang juga, orang-orang lalu mencoba mencari alasan bahwa mereka memang tidak dilahirkan sebagai orang sukses. Untuk mengembangkan bakat, anda tak bisa duduk-duduk saja tanpa melakukan sesuatu.

T : Team up – bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan. Orang sukses saling bekerjasama, saling percaya satu sama yang lain. Orang sukses ingin menyelesaikan suatu pekerjaan bersama-sama. Orang sukses tidak menyimpan kesuksesan untuk diri sendiri. Dia selalu berbagi dengan grup lain diluar grupnya. Dia tidak egois. Dia menciptakan orang sukses lainnya. Jika anda mau membantu rekan atau teman sekerja untuk mengembangkan yang terbaik dalam diri mereka, jika anda dapat membangkitkan semangat yang berapi-api untuk mencapai yang terbaik dan jika anda bisa menarik orang lain untuk ikut bercahaya dalam sinar gemerlap anda, maka anda adalah orang sukses diatas orang-orang sukses.

I : Instill in yourself an overpowering desire to succeed :Tanamkan dalam diri anda hasrat yang besar untuk sukses. Sukses bukan hanya milik orang yang paling berbakat. Bukan hanya milik orang dengan IQ tertinggi. Atau hanya milik orang yang sangat cantik/tampan. Sukses benar-benar tergantung pada semangat, usaha dan ketekunan.

O : Overcome adversity, atau menanggulangi kemalangan. Dengan menanggulangi kemalangan anda akan menjadi lebih kuat. Saat menaklukan masalah, anda akan mengerahkan semua kemampuan yang selama ini terpendam. Anda tak akan menjadi orang sukses sejati jika belum bisa mengatasi kesulitan atau kemalangan.

N : Now – sekarang.

Kerjakan sekarang juga ! Setiap kali menghadapi masalah, semakin cepat anda menyerangnya dengan sekuat tenaga, akan semakin cepat masalah itu diselesaikan. Jika ditunda, masalah tak hanya akan berlarut-larut tapi juga makin berkembang menjadi masalah yang lain. Jika anda ingin bertindak, segera ambil langkah pertama dan jangan pernah menyerah. Dan anda juga bisa menjadi orang sukses !

Hanni

www.katalogfashion.com