Panduan ini saya buat berdasarkan pengalaman ikut berbagai event seminar, untuk mendapatkan output yang sangat-sangat-sangat MAXimal! Ongkos ratusan ribu yang teman-teman keluarkan untuk menghadiri milad TDA menjadi tidak bernilai bila teman-teman bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari event ini.

Panduan 1 – datang pagi-pagi banget biar gak telat. Trus kenalan dengan panitia. Sok akrab aja. Lalu pelajari medan pertempuran, diantaranya, jalur masuk dan keluar pembicara…biar bisa dihadang untuk bangun hubungan. Pelajari peta penempatan panitia, lagi-lagi agar misi membangun jaringan yang buanyak bisa berjalan mulus.

Panduan 2 – sebelum masuk seminar, keliling dulu ke stand2 pameran. Biarpun masih beres-beres, langsung kenalan aja. Biasanya yang punya bisnis masih ada dilokasi. Pelajari dengan cepat produk mereka, sehingga pas istirahat sudah tau stand mana yang akan dituju, dan tidak menghabiskan waktu berjubel-jubel distand yang kurang diminati.

Panduan 3 – berkenalanlah sebanyak mungkin kepada peserta sebelum event dimulai. Umumnya peserta akan membentuk kelompok-kelompok kecil obrolan. Segera tinggalkan kelompok yang senang memperbincangkan hal-hal yang negatif, atau kurang bermanfaat. Hati2, kelompok ini seringkali perbincangannya terkesan seru, tetapi tidak berisi. Bergabunglah dengan kelompok yang perbincangannya berbobot, yang sesuai dengan tujuan teman-teman hadir di event ini.

Panduan 4 – asosiasikan diri teman-teman dengan hal yang mudah diingat, sehingga orang lain mudah ingat. Contoh, “halo nama saya Hilman, inget aja Lupus…kira-kira saya sama asyiknyalah dengan Lupus :)”

Panduan 5 – siapkan draft sms yang berisi nama anda, no. hp, email, web, dan hal-hal lain yang memudahkan orang menghubungi anda. Kalau perlu, cantumkan nama usaha anda. Dan bila teman-teman bertemu dengan orang yang berpotensi menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan teman-teman, segera minta no. hpnya, dan langsung sms draft yang telah anda siapkan tadi. Gunanya, agar no. kontak teman-teman langsung di save di hpnya, sehingga lainkali ia butuh sesuatu, ia akan menghubungi teman-teman.

Panduan 6 – upayakan berkenalan dengan pembicara sebelum event dimulai, atau duduklah didepan, agar teman-teman dapat dikenal oleh pembicara. Pembicara umumnya hanya dapat mengingat 3-5 nama baru yang akan ia ulang-ulang dalam seminarnya. Upayakan nama anda yang paling sering di ulang, fungsinya agar anda cepat akrab dengan pembicara dan peserta lainnya, meskipun mereka tidak mengenal anda.

Panduan 7 – upayakan nama teman-teman diingat banyak orang, terutama pembicara. Caranya, bila ada sesi tanya jawab, berikan pertanyaan yang membangun. Dan kalau bisa, berikan pendapat teman-teman yang menambahkan pendapat pembicara.

Panduan 8 – bila teman-teman bertemu dengan peserta yang berpotensi saling menguntungkan, tunjukkan antusiasme teman-teman. Lalu kalau bisa atur jadwal bertemu, diluar event. Setidaknya utarakan keinginan teman-teman untuk menindak lanjuti perkenalan ini.

Panduan 9 – selalu bertanya,”apa yang bisa kita kerjasamakan ya?” kepada orang lain. Atau katakan,”pak, saya butuh bantuan anda” kepada orang yang ingin teman-teman jadikan “mentor”. Panduan 10 – selalu hubungi kembali orang-orang yang baru teman-teman kenal itu, termasuk pembicara, setelah event berlalu. maksimal 1 minggu setelah event, anda telah menghubungi mereka kembali. Sebaiknya telepon langsung, atau setidaknya sms. Dengan menanyakan kabar saja sudah cukup. Kemudian ulangi kembali 2 minggu setelahnya.

Panduan pemungkas – jangan pulang tanpa bawa sesuatu yang bermanfaat. Klo perlu pulang kerumah teman atau pembicara yang baru anda kenal, agar anda bisa meminjam bukunya, cd motivasinya, audio booknya, mendapat rahasia-rahasia bisnisnya, mendapat kerjasama bisnis dengannya atau syukur2 mendapat barang dagangan yang bisa langsung anda jual besok. Ada satu jargon menarik yang bisa teman-teman jadikan panduan dalam menghadiri milad besok “Pantang pulang tanpa bawa susu”. Ya, bisnis ini adalah untuk anda, pasangan anda, dan anak anda. Moga jadi motivasi utk teman-teman.

Hilman Dale

http://HilmanDale.com | Strategi sukses bisnis dan Peluang bisnis http://WebUtama.com | Solusi utama website anda