tda-bdg

Dalam beberapa kesempatan saya bertemu dan berkumpul dengan teman-teman TDA Bandung yang funtastik.

Kesempatan pertama bertemu ketika diadakan workshop pembuatan toko online yang diadakan oleh teman-teman TDA Bandung. Pada kesempatan ini yang sangat terasa ialah: disini saya merasa sangat tua banget….., komunitas ini anggotanya dipenuhi oleh anak-anak muda yang bersemangat berbicara tentang dunia usaha. Tidak tampak risi para anak muda ini bergaul dengan sesama pengusaha memperlihatkan bahwa setting pengusaha mereka telah “tune in” di jalur yang tepat.

Kesempatan kedua ialah ketika persipan milad TDA, pertemuan ini begitu Guyub saling mengisi untuk menyiapkan hajatan bersama, semua anggota menyumbangkan mulai dari ide, materi hingga tenaga yang berlimpah. Saat itu dirasakan bahwa ini adalah sebuah keluarga besar yang menebar rahmat tanpa sekat-sekat. Begitu juga ketika pelaksanaan,semua anggota terlibat dan menanggulangi semua rintangan dengan penuh semangat kebersamaan.

Kesempatan berikutnya ketika pembubaran panitia Halal bihalal, Saat itu muncul banyak ide-ide segar lainnya serta kesempatan dan peluang usaha yang di sharing dengan ringannya. Begitu juga dibahas kira2nya TDA Bandung akan menuju kemana dan langkah-langkah strategis yang perlu dilakukan. Semuanya mengalir tanpa ada moderator dan perasaan untuk membawa TDA Bandung menuju sesuatu yang lebih baik sangat terasa di udara.

Dari pertemuan-pertemuan diatas memunculkan beberapa hal yang dapat kita jadikan pembelajaran.

  1. Usia muda bukan masalah untukmenjadi pengusaha, mental menjadi pengusaha adalah kunci bagi siapa saja untuk memulai berusaha sendiri.
  2. Kekeluargaan yang kuat serta jaringan yang terbentuk menjadi modal dasar untuk mewujudkan suatu impian.
  3. Inovasi ide, sharing bisnis serta diskusi bisnis plan akan menjadikan sesuatu yang tadinya hanya muncul dikepala dapat dikelola menjadi sesuatu yang terarah dan terencana sehingga siap untuk di jadikan suatu “ACTION”.

Melihat potensi-potensi diatas kiranya tidak berlebihan jika TDA Bandung akan menjadi satu TDA wilayah yang besar dikemudian hari. Akan banyak muncul gerakan maupun inovasi besar lainnya dari Bandung ini.

Jika kita dapat melihat kelebihan mereka dan menambahkannya dengan segala potensi teman-teman MM jaksel, Saya mempunyai keyakinan bahwa kita akan dapat bergerak maju lebih pesat dan menebar rahmat lebih banyak dibandingkan dengan mereka. Hal ini mudah-mudahan memberikan motivasi kepada kita untuk lebih giat lagi menggalakkan silaturahmi diantara anggota MM jaksel. Semoga…

Irwan The Chapter